Management Development Program

Manager adalah aset utama perusahaan untuk mencapai sasaran strategis perusahaan. Manager adalah pemimpin unit kerja dalam perusahaan, untuk “make things happened”. Manager yang memiliki kompetensi memadai, akan dapat membawa timnya mencapai produktifitas yang tinggi dan mencapai sasaran kerjanya dengan efektif. Sebaliknya, bila dalam perusahaan terdapat manager yang tidak kompeten atau yang memiliki mental yang lemah atau moral yang buruk, maka akan membawa produktifitas timnya turun dan merupakan kerugian bagi perusahaan.

Saat ini pengembangan manajemen telah menjadi sangat penting dalam lingkungan kompetitif. Menurut hasil survei, beberapa perusahaan yang pengembangan manajemen perusahaan sejalan dengan perencanaan taktis terlihat lebih kompetitif dibandingkan perusahaan lainnya. Hal ini juga telah menunjukkan bahwa 80% dari perusahaan melaporkan MDP, dibandingkan dengan 90% yang memberikan pelatihan kepemimpinan eksekutif. Sebagian besar perusahaan menggunakan 37% dari anggaran untuk pelatihan pengembangan manajemen dan program pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan pengembangan manajemen sebagai bagian penting dari daya saing organisasi.

Management Development Programs (MDP) adalah serangkaian kelas, seminar danlatihan untuk mengajar dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang manajer yang baik. Keterampilan ini meliputi perencanaan, mengevaluasi, memotivasi, mempekerjakan, pelaporan,penetapan tujuan.

Beberapa alasan mempertimbangkan untuk Management Development Programs (MDP) adalah:

  1. Tanggung jawab manajemen untuk memastikan keberhasilan organisasi

  2. Manajemen yang berurusan dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda, budaya, bahasa, dll. Merger dan akuisisi, perampingan, dll semua di bawah kendali manajemen.

  3. Tanggung jawab manajemen untuk memastikan bahwa pengembangan talenta dan kepemimpinan berjalan di perusahaan


Dengan berbasis riset yang mandiri, program Management Development Programs (MDP) kami susun untuk memenuhi tuntutan dari kebutuhan di banyak perusahaan.

  1. Maksud dan Tujuan

    1. Pelatihan Management Development Program ini dimaksudkan untuk mempersiapkan SDM pada level manajerial yang handal dan berkualitas yang memiliki kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas-tugas manajerial saat ini dan di masa mendatang.

    2. Pelatihan Management Development Program ini bertujuan untuk memberikan bekal wawasan, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan oleh para pimpinan perusahaan sehingga menjadi World Class Corporate Leadersyang memiliki tiga ciri utama yaitu:

      1. Memiliki kepribadian yang efektif, kreatif, inovatif, jujur, terbuka dan berintegritas tinggi serta menjunjung tinggi etika bisnis;

      2. Berwawasan luas, profesional dan selalu terdorong untuk belajar meningkatkan kualitas diri;

      3. Memiliki ketrampilan manajerial dan kepemimpinan yang efektif yang berorientasi performansi dan pelayanan terbaik.

  1. Ruang Lingkup

Dalam rangka mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas, Pelatihan Penjejangan Manajerial (Management Development Program) dirancang secara sistematis sehingga akomodatif untuk pengembangan empat level manajerial sebagai berikut:

    1. Tingkat Supervisor

    2. Tingkat Asisten Manager

    3. Tingkat Manager

    4. Tingkat Senior Manager

 

Adapun ruang lingkup penyelenggaraannya diarahkan kepada pemberian bekal wawasan, pengetahuan dan ketrampilan manajerial yang meliputi tiga kelompok kecakapan utama berikut ini:

  1. Kecakapan Pribadi yaitu kecakapan yang harus dikembangkan untuk pemben-tukan pribadi yang efektif sehingga mampu menggali dan mendayagunakan potensi pribadi sesuai konteks waktu, situasi dan kondisi yang berkembang;

  2. Kecakapan Kepemimpinan yaitu kecakapan yang harus dimiliki untuk menjadi pemimpin yang efektif yang meliputi kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain serta kemampuan untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang lain kepada suatu pencapaian tujuan.

  3. Kecakapan Bisnis yaitu kecakapan yang diperlukan untuk mengelola dan menjalankan bisnis dengan berhasil di tengah lingkungan yang kompetitif.

  1. Kompetensi Yang Dikembangkan

Dari studi yang kami lakukan pada umumnya ada 21 kompetensi yang perlu dikembangkan pada level managerial, yaitu :

  1. Seasoned Judgement

  2. Visionary Thinking

  3. Financial Acumen

  4. Global Perspective

  5. Shaping Strategy

  6. Driving Execution

  7. Attracting and Developing Talents

  8. Empowering Others

  9. Influencing and Negotiations

  10. Leadership Versatility

  11. Building Organizational

  12. Inspiring Trust

  13. Fostering Open Dialogue

  14. High Impact Delivery

  15. Drive for Stakeholder Success

  16. Entrepreneurial Risk Taking

  17. Mature Confidence

  18. Adaptability

  19. Career and Self Direction

  20. Cross-functional Capability

  21. Industry Knowledge


Job Assignment

Setelah mengikuti pelatihan, setiap peserta akan diberikan job assignment sesuai bidangnya yang dikerjakan dalam kurun waktu yang telah ditentukan