Sebagaimana kita ketahui bersama, penulisan laporan dan tehniknya telah mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu konsekuensinya adalah setiap organisasi diharapkan memiliki staff, officer, penyelia, dan manajer dengan kompetensi dan keahlian cukup sehingga mampu membuat pelaporan yang akurat dan menyeluruh.
Syarat
Staff
Officer
Penyelia dan Manajer yang ingin mengetahui, memahami, menguasai cara untuk memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam pembuatan laporan teknis.
Tujuan
Memahami penggunaan kata, bahasa, frase, paragraph, alinea, tanda baca dalam pembuatan laporan teknis.
Menguasai tehnik penulisan yang efektif dan efisien dengan konsep SMART, WHAT – SO dan WHAT – NEXT WHAT.
Memahami dan menguasai cara dan metode pengumpulan data pendukung dan informasi dengan tehnik 5W3HTPO dan Behavior Event Interview.
Menguasai cara dan tehnik pembuatan laporan berdasarkan sebab, akibat, kondisi, kriteria dan rekomendasi dan menampilkan laporan dalam bentuk tabel , grafik maupun diagram.
Target
Staff
Officer
Penyelia dan Manajer yang ingin mengetahui, memahami, menguasai cara untuk memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam pembuatan laporan teknis.
Metode
Metode Pelatihan
Presentasi
Diskusi
Studi kasus dan simulasi
Durasi
09.00 - 16.00 WIB
Materi
Memahami tujuan jangka pendek, panjang, manfaat pelaporan bagi pihak manajemen dan organisasi
Mengetahui dan menguasai aktivitas dan proses penulisan laporan
Mengidentifikasi target pembaca dan alasan mengapa mereka perlu membacanya
Memahami dan menguasai bentuk, format dan struktur laporan teknis
Menggunakan dan memilih kata, kalimat dan frase yang tepat dan akurat
Menguasai penggunaan kata sambung dan kata sifat
Menyiapkan dan mengumpulkan data dan informasi
Memvisualisasikan laporan ke dalam bentuk tabel, grafik dan diagram
Memahami penggunaan alat bantu dan peralatan pendukung